6 Buah Ini Memiliki Kandungan Serat Tinggi yang Baik untuk Kesehatan Lho! Simak Yuk! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, June 11, 2020

6 Buah Ini Memiliki Kandungan Serat Tinggi yang Baik untuk Kesehatan Lho! Simak Yuk!

Gambar - Pixabay.com

Portalgenz.com - Sahabat genz tahu ga, kalau asupan serat sangat penting untuk tumbuh loh! Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak memenuhi serat dalam tubuh. Hal ini juga dinyatakan oleh Juwalita Surapsari, spesialis gizi klinis, yang menyatakan jika orang Indonesia hanya mengkonsumsi asupan serat sebanyak 15%. Hal tersebut tentu sangat rendah.

Nah untuk memenuhi kebutuhan asupan serat kamu bisa mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan. Buah yang mengandung serat tinggi serta kalori rendah juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Berikut ini merupakan , 6 buah yang mengandung serat tinggi dan baik untuk kesehatan, diantaranya adalah,

1. Alpukat

Gambar - Pixabay.com

Yang pertama adalah buah alpukat, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi di mana 100 gram alpukat sama seperti 6,7 gram serat makanan. Tentunya buah ini juga bisa membantu kamu untuk menjalankan diet. Bahkan, penelitian menyatakan jika alpukat memiliki kandungan senyawa bioaktif yang dapat mengurangi resiko gemuk. Karena kandungan yang dimiliki alpukat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

2. Raspberry

Gambar - Pixabay.com

Raspberry merupakan buah yang mengandung sumber serat tinggi, dimana dalam 100 gram rasberi terdapat 6,5 gram serat makanan. Selain itu buah ini juga memiliki manfaat untuk mencegah obesitas seseorang dan mencegah lemak hati meningkat. Buah ini juga memiliki kalori yang cukup rendah. Nah kalau kamu ingin mengkonsumsi buah ini, kamu bisa mencampurkannya dengan es krim atau yogurt agar rasanya lebih nikmat .

3. Kiwi

Gambar - Pixabay.com

Siapa nih yang suka buah kiwi? Pasalnya buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dimana 100 gram buah kiwi terdapat 3 gram serat makanan. Selain padat nutrisi, buah kiwi juga memiliki kandungan serat larut serta serat tidak larut. Buah ini juga cocok untuk menurunkan berat badan lho, karena membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan enzim actinidain yang bagus untuk sistem pencernaan.

4. Jambu biji

Gambar - Pixabay.com

Selanjutnya terdapat buah jambu biji yang memiliki kandungan 5,4 gram serat makanan dalam 100 gram jambu biji. Tentu saja buah ini mempunyai kalori yang rendah dan baik untuk tubuh. Bahkan menurut penelitian, jambu biji dapat mengatur profil lipid atau kolesterol serta gula darah setiap orang. so Jangan lupa untuk mengkonsumsi jambu biji ya!

5. Apel

Gambar - Pixabay.com

Nah kalau buah yang satu ini tentu menjadi favorit setiap orang. Pasalnya apel memiliki kandungan yang banyak dan baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, bukan hanya bersumber dari dagingnya saja, melainkan pada kulit apel juga terdapat kandungan yang baik untuk tubuh. Mangkanya kalau kamu ingin mengkonsumsi apel jangan dikupas ya kulitnya! Tapi ingat cuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Itulah 5 buah yang mengandung serat tinggi dan baik untuk kesehatan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah ya gengs, agar kebutuhan serat dan nutrisi tubuh dapat terpenuhi.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done