Hentikan Kebiasaan Makan Tengah Malam Kalau Gak Mau Kena Efeknya! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, June 9, 2020

Hentikan Kebiasaan Makan Tengah Malam Kalau Gak Mau Kena Efeknya!

Gambar - Pixabay.com

Portalgenz.com - Siapa nih yang suka makan di jam 8 malam ke atas? Sebaiknya segera kamu tinggalkan kebiasaan tersebut ya gengs! Selain menambah berat badan, kebiasaan buruk ini juga tidak baik untuk kesehatan loh! Hal ini tentu berbeda dengan makan di siang hari yang bisa menambah energi. kalaupun kamu ingin makan di jam 8 malam ke atas,sebaiknya kamu memilih makanan yang baik ya!

Nah untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan efek yang dirasakan akibat kebiasaan makan terlalu malam, diantaranya adalah,

1. Kualitas Tidur Terganggu


Gambar - Pixabay.com
Akibat makan tengah malam hal tersebut membuat kualitas tidur mau menjadi terganggu. Cobalah hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung cairan, berkafein serta yang bisa mengganggu tidur kamu. Sebagai gantinya kamu bisa mengkonsumsi cemilan sehat seperti susu rendah lemak, buah, sayur dan lainnya.

2. Berat Badan Bertambah


Gambar - Pixabay.com
Efek yang satu ini mungkin sudah menjadi rahasia umum lagi ya! Karena kebiasaan mengkonsumsi makanan tengah malam dapat mengakibatkan berat badan bertambah. Terlebih jika kamu mengkonsumsi makanan berat seperti padat kalori dan rendah nutrisi. Terlebih jika sehabis makan kamu langsung tidur, hal tersebut untuk meningkatkan resiko berat badan bertambah. So, buat kamu yang lagi diet, tinggalkan kebiasaan makan tengah malam ini ya guys!

3. Beresiko Terkena Diabetes


Gambar - Pixabay.com

Makan tengah malam ternyata bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit yang penderitanya terus bertambah di zaman sekarang dari berbagai kota di dunia. Tingkat bahaya dari Penyakit ini juga sangat tinggi.

Penyakit diabetes sangat berhubungan dengan obesitas. Oleh sebab itu, agar kamu tidak terkena penyakit ini alangkah baiknya untuk meninggalkan kebiasaan buruk makan tengah malam ya!

4. Tekanan Darah Naik

Gambar- pixabay.com

Akibat makan tengah malam, tekanan darah menjadi naik terutama pada orang yang berurusan dengan hipertensi. Berdasarkan catatan peneliti, mengkonsumsi makanan mengandung garam tinggi dapat meningkatkan tekanan darah naik. Umumnya masalah hipertensi yaitu natrium.

5. Risiko Tinggi Terkena Serangan Jantung

Gambar- pixabay.com

Para ahli menyatakan jika makan di waktu jam 7 malam ke atas meningkatkan resiko terkena serangan jantung. peneliti juga menyatakan bahwa kita harus menentukan waktu makan yang tepat, frekuensi ideal, serta apa yang kita konsumsi.

Misalnya, pada pagi hari kita harus melakukan sarapan. Karena sarapan itu penting sebagai sumber tenaga, begitu pula dengan makan siang namun pada waktu malam kita harus makan dengan porsi yang sedikit serta tidak boleh terlambat melewati jam 7 malam.

Nah itulah 5 efek yang bisa kamu dapatkan jika kamu terus melanjutkan kebiasaan buruk makan tengah malam ini. So, alangkah baiknya jika kamu meninggalkan kebiasaan ini mulai dari sekarang dan mulai berperilaku hidup sehat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done