Kamu Suka Tidur Siang? Ternyata Ada Manfaatnya lho! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Sunday, June 28, 2020

Kamu Suka Tidur Siang? Ternyata Ada Manfaatnya lho!

Gambar Istockphoto

Portalgenz.com - Pasti kamu pernah kan tidur siang ketika punya waktu luang atau saat badan letih? Sayangnya orang yang sering kali tidur siang juga dianggap sebagai pemalas. Padahal tidur siang memiliki banyak manfaatnya loh. Bahkan, berdasarkan penelitian jika tidur siang efektif untuk mengatasi kelelahan dibandingkan harus menambah waktu tidur di malam hari.

Nah pasti kamu penasaran kan, apa aja sih kamu manfaat tidur siang. Dalam artikel ini kami telah merangkum 5 manfaat tidur siang diantaranya yaitu:

1. Lebih Fokus dan Segar

Gambar Istockphoto

Pastinya setelah tidur siang kamu akan merasa segar dan lebih fokus. Hal ini juga didukung oleh studi Spanyol yang menyatakan jika tidur siang selama 60-90 menit, sama dengan tidur di malam hari yang tentunya bisa membuatmu lebih segar. Bahkan, di Spanyol juga sudah dikenal lama tradisi siesta, yaitu tidur antara pukul 2 hingga jam 5 dan berlaku untuk semua warganya. Wah keren ya!

2. Meningkatkan Produktivitas

Gambar Istockphoto

Nah, kalau tidur siang bisa bikin fokus dan segar, pastinya kamu juga bisa meningkatkan produktivitas ya. Didukung Vincent Walsh, seorang neurologis dari University College London, yang menyatakan kalau tidur siang itu menjadi waktu terbaik untuk istirahat tubuh maupun otak. Ia juga berpendapat kalau melewati tidur siang dan menumpuk waktu tidur di malam hari, merupakan kebiasaan buruknya yang harusnya dihindari. Nah kalau dari pendapat kamu gimana nih?

3. Dapat Memperbaiki Mood

Gambar Istockphoto

Bagi kamu yang mood-nya sedang turun bisa diperbaiki dengan tidur siang loh. Pasalnya sering tidur siang, tubuh akan meningkatkan neurotransmitter serotonin. Serotonin tersebut bermanfaat untuk mengatur suasana hati memperbaiki mood, serta menghasilkan perasaan puas.

4. Menurunkan Tingkat Stress

Gambar Istockphoto

Kalau tidur siang saja bisa memperbaiki mood, maka itu juga bisa menurunkan tingkat stres yang kamu alami. Meskipun tidak menghilangkan stres, namun setidaknya dapat menurunkan stres. Hal ini juga didukung oleh studi pada tahun 2012 yang menyatakan kalau tidur siang itu bisa meminimalisir hormon stres karena kekurangan tidur di hari sebelumnya.

5. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Gambar Istockphoto

Pastinya semua orang ingin memiliki tubuh yang sehat. Selain menjaga pola makan yang baik, olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup, tidur siang juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh loh. Jadi luangkan waktu untuk tidur siang ya geng!

Nah itulah 5 manfaat tidur siang yang harus kamu ketahui. Namun perlu diingat ya untuk jangan berlebihan tidur siang karena itu juga tidak baik untuk tubuh.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done