Klenteng Sam Poo Kong: Sensasi Wisata Khas Tiongkok di Semarang - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, July 2, 2020

Klenteng Sam Poo Kong: Sensasi Wisata Khas Tiongkok di Semarang

Portalgenz.com – Ingin merasakan sensasi nuansa khas Tionghoa yang kental tanpa harus bayar mahal untuk ke Tiongkok? Atau ingin jalan-jalan ke klenteng-klenteng khas ‘Negeri Tirai Bambu’ tanpa harus pergi jauh-jauh ke Tiongkok? Nah, Klenteng Sam Poo Kong bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang wajib disambangi bila sedang berada di Semarang, sekaligus merasakan sensasi nuansa klenteng khas ‘Negeri Panda’ yang kaya akan sejarah ini!

Foto: heikaku.com

Jika sobatgenz sedang berada di Semarang, belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng bernuansa merah dengan ornamen khas Tiongkok ini kaya akan warisan budaya dan sejarah, dan tentunya akan menambah wawasan anda sembari berfoto-foto instagrammable di klenteng ini!

Klenteng yang memiliki sebutan Klenteng Gedung Batu ini merupakan sebuah kompleks peribadahan bagi kaum beragama Budha, Konghucu, dan Taoisme, sekaligus menjadi pusat kebudayaan dan wisata sejarah. Megahnya Klenteng Sam Poo Kong menjadi bukti konkrit bahwa betapa indahnya Indonesia dengan berbagai perbedaan dan saling toleransi antar umat beragama dengan sejarahnya yang begitu panjang!

Disini setidaknya terdapat enam bangunan besar yang masing-masing memiliki ornamen khas Tiongkok yang sangat megah, yaitu Goa Batu, Klenteng Thao Tee Kong, Makam Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Makam Kyai Tumpeng, dan Bangunan Kyai Cundrik Bumi.

Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Goa Batu merupakan gedung utama dari kompleks klenteng ini. Goa Batu terletak di deretan bangunan paling ujung dari pintu masuk Klenteng Sam Poo Kong. Gedung utama ini juga difungsikan sebagai tempat bersembahyang. Di depan Goa Batu, berdiri megah patung Laksamana Cheng Ho atau Laksamana Agung Zheng He yang berlapiskan emas. Di bagian bawah patung terdapat autobiografi Laksamana Cheng Ho beserta julukannya, yakni “Sang Duta Perdamaian”, yang bisa sobatgenz baca di bawah patung tersebut.

Di klenteng ini juga terdapat Thao Thee Kong. Bangunan ini sebenarnya adalah sebuah klenteng yang digunakan sebagai tempat pemujaan untuk memohon berkah dan keselamatan hidup pada Dewa Bumi. Maka tak heran, beberapa orang kerap kali menyebut Klenteng Thao Tee Kong sebagai Tempat Pemujaan Dewa Bumi.

Klenteng Sam Poo Kong juga menyimpan jangkar kapal Laksamana Cheng Ho yang dikeramatkan yang disebut dengan Kyai Jangkar. Jangkar kapal yang telah berusia 611 tahun itu banyak didatangi oleh masyarakat untuk berziarah dan bersembahyang karena dianggap keramat. Nah, dekat dari Kyai Jangkar terdapat sebuah makam bernama Makam Kyai Tumpeng. Kyai Tumpeng atau Mbah Tumpeng merupakan juru masak dari Laksamana Cheng Ho yang turut dimakamkan di kompleks klenteng ini. Sama seperti Kyai Jangkar, Kyai Tumpeng juga kerap didatangi masyarakat untuk berziarah dan bersembahyang. Selain itu juga terdapat bangunan tempat menyimpan berbagai macam senjata milik awak kapal Laksamana Cheng Ho bernama Bangunan Kyai Cundrik Bumi.

Selain keenam bangunan ini, sobatgenz juga bisa mengetahui kisah Laksamana Cheng Ho dari relief-relief yang terpahat di dinding dekat dengan Musholla yang berada di dekat pintu masuk. Selain itu terdapat pula patung-patung prajurit yang berada di pinggir gedung utama yang berdiri megah. Gedung utama ini biasanya dipakai untuk menyelenggarakan event besar seperti Hari Raya Imlek atau kegiatan keagamaan dan kesenian lainnya.

Foto: heikaku.com

Oiya, lokasi Klenteng Sam Poo Kong ini hanya berjarak sekitar 5 km saja dari pusat Kota Semarang Simpang Lima kok, tepatnya berada di Jalan Simongan No. 129, Banjarsari, Kota Semarang. Untuk masuk ke klenteng yang kaya akan sejarah ini, sobatgenz hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 7000 untuk dewasa, dan Rp 5000 saja untuk anak-anak. Sementara jika sekaligus ingin masuk ke area sembahyang, sobatgenz dikenakan tarif sebesar Rp. 27.000.

Sobatgenz juga mau foto antimainstream dan beda dari yang lain? Bisa banget lho! Klenteng Sam Poo Kong juga menyediakan jasa foto-foto menggunakan pakaian khas Tiongkok dengan biaya sewa kostum sebesar Rp 70.000 per orang. 

Dengan bangunan klenteng yang megah  khas Tiongkok sembari menelusuri sejarah Laksamana Cheng Ho, mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong jelas menjadi salah satu objek wisata yang harus untuk dikunjungi ketika berada di Kota Semarang!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done