Kamu Ingin Buka Bisnis, Tapi Modal Belum Mencukupi? Temukan Inspirasimu Di Bawah Ini! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, May 12, 2020

Kamu Ingin Buka Bisnis, Tapi Modal Belum Mencukupi? Temukan Inspirasimu Di Bawah Ini!

Foto : unsplash.com


Portalgenz.com -
Tidak semua bisnis harus dimulai dengan modal yang besar, sebab bila kamu adalah orang kreatif yang serba bisa, maka modal sekecil apapun bisa kamu manfaatkan. Akan senang jika bisnis yang kamu lakukan, adalah hobimu pribadi.
Kalau dipikir-pikir, apapun yang kita kerjakan dengan hati yang senang, pasti berjalan lancar. Ada beberapa bisnis yang membutuhkan sedikit modal, dan mungkin salah satunya adalah hobimu. Nah, yuk temukan salah satunya diantara rekomendasi bisnis berikut yang mungkin membuat SobatgenZ tertarik!
Bisnis Crafting atau Kerajinan Tangan
Untuk rekomendasi bisnis dengan modal kecil yang pertama, yakni bisnis crafting atau kerajinan tangan! Bila kamu ada hobi atau keinginan membuat kerajinan tangan, tidak ada salahnya jika hobimu mulai kamu jadikan uang.
Jika selama ini hasil rajutmu, hasil jahitanmu, atau yang lainnya hanya menjadi pajangan saja, maka cobalah untuk mulai menawarkan ke beberapa orang atau unggah ke media sosial. Tetapi tidak semua selalu lancar pada awal bisnis ya, SobatgenZ.

Foto : unsplash.com

S
ebab semua itu dilakukan secara bertahap. Mulai dari modal untuk crafting, meskipun tidak begitu besar, tapi bahkan kamu bisa menjualnya dan menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Karena kerajinan tangan ini, bukan hanya tentang kualitas bahannya, tapi juga tentang seni yang terkandung.
Penulis Resensi atau Editor Tulisan
Selain digunakan untuk menambah ilmu, buku pun juga dapat menghasilkan uang. Untuk kamu yang hobi membaca buku, pasti tidak keberatan untuk memulai bisnis ini. Seperti membuka blog buku, atau menjadi resensi buku lepas.
Dengan menjalankan bisnis modal kecil yang satu ini, maka bukan hanya uang yang kamu dapat, bahkan dalam beberapa kesempatan kamu bisa dapat buku gratis. Atau bila ada SobatgenZ yang berminat menjadi editor, itu juga dapat menjadi salah satu pilihannya!
Fotografer
Bisnis dengan modal kecil yang satu ini, pasti sudah sering dijumpai. Sebab merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, dan tidak membosankan. Sepertinya akan kurang jika fotografi tidak kamu jadikan bisnis ya, SobatgenZ!
Hal ini disebabkan, bisnis ini sangat mudah bagi kamu yang mempunyai passion di bidang ini. Apalagi yang sebelumnya sudah memiliki hobi fotografer sendiri! Modalmu hanya kamera saja, dan jika sudah terbiasa, maka kamu akan mengerti tentang faktor apa saja yang membuat suatu foto menjadi menarik.

Foto : unplash.com

Faktor-faktor yang dimaksud ini
, diantaranya seperti pencahayaan, pose model, dan lainnya. Kamu bisa menawarkan jasamu untuk event-event tertentu seperti acara wisuda, tunangan, bahkan wedding, dan reuni.
Reseller
Bisnis dengan modal kecil yang satu ini, dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Kamu pun hanya mengandalkan gadget dan media sosialmu saja, sehingga mudah bila akan melakukan bisnis ini dimanapun!
Kamu hanya tinggal mengunggah foto barang reseller, jangan lupa beri sedikit editan dan caption yang menarik. Kalau dirasa membutuhkan endors dan promosi, maka bisa minta tolong pada orang-orang terdekat terlebih dahulu, baru setelah modal bertambah, SobatgenZ bisa mencoba endors ke orang-orang terkenal!
Sekian penjelasan bisnis dengan modal kecil di atas, semoga bisa menjadi ide untuk kamu yang sedang membutuhkan! Jangan lupa juga untuk terus ikuti portalgenz, dan dapatkan tips maupun informasi penting lainnya!


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done